Sektor Pariwisata

Sektor pariwisata menjadi salah satu sektor unggulan yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Selain wisata pantai dengan batu granit dan pasir putihnya, potensi lain yang ditawarkan pada sektor ini adalah wisata budaya, wisata kuliner, wisata sejarah serta wisata pulau. Peluang investasi masih sangat terbuka untuk sektor pariwisata.

Kondisi terkini

Pada tahun 2016, di Kepulauan Bangka Belitung terdapat 135 unit hotel bintang dan akomodasi lainnya dengan jumlah kamar 898.842 kamar. Dari 347.519 kunjungan tamu di Kepulauan Bangka Belitung, 342.513 adalah tamu domestik dan 5.106 tamu asing.

Hotel berbintang dan resort yang beroperasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, antara lain Hotel Novotel, Hotel Soll Marina, Hotel Santika, Hotel Bumi Asih

Sebagai provinsi kepulauan, Bangka Belitung terkenal dengan keindahan pantai dan pasir putihnya. Bangka Belitung juga dikelilingi oleh pulau-pulau kecil yang menawarkan wisata bahari. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki sejumlah pulau yang telah bernama sebanyak 470 buah dan yang berpenghuni hanya 50 pulau. Pulau besarnya antara lain Pulau Bangka dan Pulau Belitung serta pulau-pulau kecil seperti P. Lepar, P. Pongok, P. Mendanau dan P. Selat Nasik. Pulau-pulau kecil yang terdapat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terdiri dari : 22 pulau di Kabupaten Bangka,  19 pulau di Kabupaten Bangka Barat, 12 pulau di Kabupaten Bangka Tengah, 27 pulau di Kabupaten Bangka Selatan, 25 pulau di Kabupaten Belitung, dan 14 pulau Kabupaten Belitung Timur.

Dalam Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional (RIPPARNAS) yang kemudian dituangkan dalam Peraturan Pemerintah No. 50 Tahun 2011, Provinsi Kepulauan Kabupaten Belitung termasuk dalam Destinasi Pariwisata Nasional (DPN) Palembang-Bangka Belitung dan sekitarnya. Selanjutnya dalam DPN tersebut, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki empat Kawasan Pengembangan Pariwisata Nasional (KPPN) dan sebuah Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Adapun yang termasuk dalam KPPN yaitu Pangkalpinang, Sungailiat, Belinyu, Tanjung Kelayang serta Punai Belitung dan sekitarnya. Sementara itu, satu wilayah KPPN menjadi KSPN adalah KSPN, yaitu Tanjung Kelayang-Belitung dan sekitarnya.

Beberapa daerah yang memiliki potensi untuk dikembangkan sektor penunjang kegiatan pariwisata, seperti penyediaan sarana akomodasi (hotel atau penginapan) dan penyediaan makanan minuman (restoran) adalah:

  • Kabupaten Bangka Barat, daerah yang paling ideal untuk didirikan fasilitas pariwisata adalah di Kecamatan Muntok. Hal ini karena, Kecamatan Muntok adalah ibu kota kecamatan di Kabupaten Bangka Barat dan juga merupakan pintu masuk pelabuhan barang bagi Pulau Bangka.
  • Kabupaten Bangka, titik ideal untuk didirikan hotel dan restoran adalah di Kecamatan Sungailiat. Agrumentasi utamanya adalah di kecamatan tersebut terdapat banyak pantai-pantai yang eksotis seperti Pantai Tikus, Pantai Rebo, Pantai Parai.
  • Kabupaten Bangka Tengah, fasilitas hotel dan restoran sebaiknya dibangun di Kecamatan Pangkalan Baru. Hal ini karena, Kecamatan Pangkalan Baru lokasinya berdekatan dengan Ibu Kota Provinsi (Kota Pangkal Pinang).
  • Kabupaten Bangka Selatan, idealnya fasilitas pariwisata didirikan di Kecamatan Toboali sekaligus ibu kota kecamatan di Kabupaten Bangka Selatan.
  • Kabupaten Blitung, terdapat dua lokasi ideal yaitu di Kecamatan Tanjungpandan dan Kecamatan Sijuk. Kecamatan Tanjungpandan adalah ibu kota kecamatan bagi kabupaten ini. Sedangkan di Kecamatan Sijuk, pada saat ini ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusu (KEK) Pariwisata Sijuk, sehingga ideal untuk dikembangkan sebagai kawasan perhotelan.
  • Kabupaten Belitung Timur, kawasan yang paling ideal adalah terletak di Kecamatan Manggar.

 

Updated : 05/12/2017/YHS

 

Arsip Berita

Berita Lainnya

29 Sep 2017 | Humas DPMPTSP Prov...

29 Sep 2017 | Humas DPMPTSP Prov...

28 Sep 2017 | Humas DPMPTSP Prov...

28 Sep 2017 | Humas DPMPTSP Prov...

26 Sep 2017 | Humas DPMPTSP Prov...

20 Sep 2017 | Humas DPMPTSP Prov...

31 Aug 2017 | Humas DPMPTSP Prov...

Berita Populer

27 Jan 2014 | 5,253 views

18 Dec 2013 | 3,942 views

03 Dec 2013 | 3,178 views