Program Pendukung Kerja Sama IMT-GT

Bangka Tengah - Dalam rangka mendukung kerja sama IMT-GT, ada beberapa program yang sangat penting di bahas dalam Senior Official's Meeting kemarin, Rabu (27/9/2017) di Ballroom Hotel Novotel, Bangka Tengah. Salah satunya adalah UNINET (University Network). Sebab, UNINET merupakan jaringan  kerjasama universitas di tiga negara untuk mendukung pelaksanaan kerjasama IMT-GT, seperti melakukan penelitian-penelitian dan pertukaran pelajar antar tiga negara yang tergabung dalam IMT-GT.

Dr. Rizal Affandi Lukman Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kemenko Perekonomian RI mengatakan di Indonesia ada 11 universitas yang ada di Sumatera ikut menjadi anggota UNINET, 4 Universitas dari Thailand dan 8 Universitas lainnya dari Malaysia.

" Di Indonesia ada 11 universitas di Sumatera yang menjadi anggota UNINET, 4 universitas dari Thailand dan 8 Universitas dari Malaysia, " Ungkap Rizal.

Selain UNINET, Rizal menjelaskan ada program yang di rekomendasikan oleh para Gubernur di wilayah IMT-GT, yakni Green City Inisiatif adalah program untuk mengembangkan kota yang ramah lingkungan. Di Indonesia sendiri menurut Rizal sudah diikuti oleh dua Kota yang ada di Sumatera, yaitu Medan dan Batam. Kedepannya, Ia berharap program Green City ini tidak hanya di dua kota saja tetapi juga dapat di kembangkan dikota-kota lain yang ada di Indonesia.

Ia menambahkan dalam pembahasan pada Senior Official's Meeting kemarin, juga ada program yang direkomendasikan oleh Joint Business Council yaitu perkumpulan para pengusaha swasta di tiga negara untuk membantu kerjasama IMT GT, seperti Single Tourism. Dimana sebelumnya menurut Rizal wisatawan hanya bisa berkunjung di satu negara saja ketika berwisata, tetapi dengan Single Tourism ini diharapkan para wisatawan nanti nya dapat berkunjung langsung ke tiga negara dengan satu paket perjalanan wisata.

" Oleh sebab itu akan dilakukan marketing dan  inventarisasi bersama melalui perjalanan connectivity langsung baik melalui jalur laut maupun udara. Kita akan memberikan kemudahan untuk para wisatawan, terutama wisatawan asing yang akan berkunjung ke tiga negara IMT-GT, " Ujar Rizal.

Sektor pariwisata saat ini adalah sektor yang bisa di tawarkan dan diharapkan dapat memberikan keuntungan kepada masyarakat di tiga negara IMT GT, Lanjut Rizal.

Sumber: 
Humas DPMPTSP Prov Babel/Suci Lestari

Arsip Berita

Berita Lainnya

29 Sep 2017 | Humas DPMPTSP Prov...

29 Sep 2017 | Humas DPMPTSP Prov...

28 Sep 2017 | Humas DPMPTSP Prov...

28 Sep 2017 | Humas DPMPTSP Prov...

26 Sep 2017 | Humas DPMPTSP Prov...

20 Sep 2017 | Humas DPMPTSP Prov...

31 Aug 2017 | Humas DPMPTSP Prov...

Berita Populer

27 Jan 2014 | 5,138 views

18 Dec 2013 | 3,793 views

03 Dec 2013 | 3,088 views