PLN ajak investasi di Bangka Belitung

BELITUNG- PT.PLN (Persero) wilayah Bangka Belitung (Babel) terus mengajak para pelaku usaha untuk berinvestasi di Babel. Pasalnya, pasokan listrik di Babel saat ini telah siap untuk memasok kebutuhan industri berapa pun besarnya.

Susiana Mutia General Manager PLN Wilayah Babel mengatakan, daya mampu listrik untuk sistem Bangka saat ini tercatat sebesar 155,05 megawatt (MW) dengan beban puncak 124,2 MW sehingga ada cadangan daya 30,85 MW.

Sedangkan untuk sistem Belitung daya mampu sebesar 70,8 MW dengan beban puncak 40,7 MW dan cadangan 30,1 MW.

"Cadangan yang besar inilah yang kami tawarkan kepada investor," ujar Susi, Rabu (29/3) malam.

Ia berharap, dengan masuknya para investor bisa menggerakkan perekonomian Babel.

Menurutnya sudah banyak investor dari beberapa sektor industri yang menyatakan minatnya berinvestasi di Babel dan sudah mengajukan penyambungan listrik. Salah satunya Grup Santika Hotel. "Kami jamin maksimal 25 hari jaringan selesai," katanya.

Dengan semakin banyaknya investor yang masuk ke Babel, PLN Babel berharap pendapatannya turut meningkat. Tahun ini PLN Wilayah Babel menargetkan kenaikan pendapatan sebesar 50% dari tahun 2016 lalu yang Rp 150 miliar.

Kenaikan pendapatan tersebut juga diharapkan dapat dilakukan dengan menekan biaya produksi. Yakni mengganti pembangkit diesel (PLTD) dengan batubara (PLTU).

Sumber: 
http://industri.kontan.co.id/news/pln-ajak-investasi-di-bangka-belitung